Skip to content

Fransiscus Go Dorong SMK Kasimo Jadi Sekolah Pertanian Unggulan di NTT

Facebook
WhatsApp
Twitter
Email
Print

JAKARTA – Field Manager Nara Puncak, Deni Efriyansah menyampaikan, dalam rangka mendukung upaya nyata dari seorang tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bernama Fransiscus Go, pihaknya telah berbagi pengalaman dan wawasan bersama siswa SMK Kasimo Sumba Daya Barat, NTT. Belum lama ini, Deni bersama tim telah berkunjung ke lokasi SMK Kasimo.

“Kami petani milenial di Bogor yang juga binaan salah satu tokoh NTT dan Jawa Barat, Bapak Fransiscus Go mengunjungi SMK Pertanian Kasimo di Sumba Barat Daya untuk memberikan inovasi mengenai Pertanian urban farming untuk mengembangkan pertanian hidroponik,” Ujar Deni dikutip Sabtu (3/8/2024).

Pada kesempatan tersebut, kata Deni, pihaknya melakukan sejumlah penelitian kasus terkait pertanian, mulai dari penyemaian tanaman sampai dengan perawatan tanaman hidroponik. Deni juga menyampaikan pesan dari Fransiscus Go bahwa NTT harus melahirkan para petani-petani muda yang kelak akan memberikan manfaat besar bagi daerahnya.

“Bapak Fransiscus Go memberikan amanat kepada kami harapan untuk memberikan motivasi membangun dan melahirkan jiwa pertanian kepada masyarakat dan khususnya adik-adik siswa-siswi di SMP dan SMK Kasimo SBD NTT,” katanya.

Lebih lanjut Deni pun berharap, ke depannya SMK Kasimo SBD dapat menjadi rule model sekolah di NTT yang mampu mewujudkan ketahanan pangan, serta menjadi solusi kesejahteraan masyarakat NTT. Menurutnya, tanaman organik dengan sistem hidroponik memiliki peluang bisnis yang besar di masa yang akan datang.

“Harapan kami SMK Kasimo SBD ini menjadi salah satu sekolah yang terus mensosialisasikan dalam mempertahankan ketahanan Pangan khususnya di provinsi NTT melalui Budidaya Tanaman Hidroponik yang sudah di bangun di SMK Kasimo,” ungkapnya.

Perwakilan yayasan Kasimo, Emanuel da Tito menyampaikan apresiasi atas komitmen Fransiscus Go untuk meningkatkan kualitas pendidikan di NTT. “Ini sesuatu yang luar biasa, bapak Fransiscus Go benar – benar komitmen dengan apa yang dikatakan, kami salut dan bangga kepada pak Fransiscus go, ini paling besar pilot projects dalam Pengembangan Hidroponik paling luas di SBD NTT,” pungkas Emanuel da Tito.

Sebagai informasi, Nara Puncak merupakan sebuah kawasan agronomi yang terletak di Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Nama Nara sendiri sudah tidak asing lagi dalam dunia pertanian organik dan edukasi wisata perkebunan. Selain Nara Puncak, terdapat juga Nara Kupu Village di Kota Depok dan Nara Kupu Jogja di Sleman, DIY.

Berita Terkait

TERKINI